Selasa, 06 Maret 2012

TIPS AGAR KOMPUTER/LAPTOP TIDAK LAMBAT

TIPS AGAR KOMPUTER/LAPTOP TIDAK LAMBAT

TIPS AGAR KOMPUTER/LAPTOP TIDAK LAMBAT

Tips yang saya tulis mungkin sudah sering kita lakukan atau pernah kita dengar bahkan diblog lain mungkin pernah ada tapi bagi yang belum, coba aja hasilnya pasti dijamin siip…….

1. Periksa program-program yang otomatis berjalan dengan Windows
Hal ini bisa di cek dengan program seperti autoruns. Biasanya ada beberapa program yang selalu berjalan yang sebenarnya tidak begitu penting atau kurang penting. 
Jika ingin mengaturnya langsung dari fasilitas yg sudah ada di windows, bukalah msconfig dg cara : Klik Start > Run > ketik MSCONFIG > pilih tab Start up. kemudian hilangkan centang program yang tidak ingin dijalankan saat start up. Setelah itu restart Komputer 
Exs : 













2. Hapus icon di desktop yang tidak penting
Sering program yang di install di komputer/Laptop akan membuat shortcut baru (icon) di desktop. Jika kita jarang
menggunakan icon-icon ini, lebih baik di hapus saja, bisa sedikit mengurangi pemakaian memori.

3. Defragment hardisk
Ini bisa dilakukan melalui menu Properties > System Tools > Disk Defragment. Yang tujuannya untuk menata kembali file-file sesuai prioritasnya.

4. Mematikan service yang tidak terpakai
Hal ini memerlukan sedikit pengetahuan tentang komputer/Laptop. Services merupakan program/library juga yang dijalankan (di load) setiap komputer/Laptop hidup. Bisa dilihat melalui Control Panel > Administrative Tools > Services. Jika komputer/Laptop tidak pernah digunakan online (internet), ada beberapa service yang bisa di non aktifkan. Misalnya Windows Time dan beberapa service lainnya ( bisa di cek keterangannya). Tapi hal ini juga perlu berhati-hati, jika salah bisa menyebabkan beberapa fungsi windows tidak berjalan.

5. Matikan beberapa efek Visual Windows
Selain itu beberapa efek windows [xp] yang tidak begitu penting bisa di matikan. Bisa di dilakukan melalui klik kanan di My Computer pilih Properties. Di tab Advanced di bagian Performance klik tombol Settings. Bisa di non aktifkan Visual efek yang tidak begitu penting.

6. Scan komputer/Laptop dari Virus, Spyware, trojan dan sejenisnya
Jika komputer/Laptop terinfeksi virus, sebagian besar kinerjanya akan menurun, bahkan  bisa-bisa komputer/Laptop menjadi sangat lambat. Oleh karena itu sebaiknya selalu dijaga agar komputer/Laptop bebas virus. kemudian jika komputer/Laptop sering terkoneksi ke Internet, maka sebaiknya sekitar sebulan sekali komputer/Laptop di scan dari spyware, mallware dan sejenisnya.

Semoga Sukses....!!!!

0 komentar:

Posting Komentar





Jangan Lupa Beri Komentar Ya !!!

Dan Juga Join Aku !!!

Terima Kasih bin Thank You binti Matur Suwun !!!!