Rabu, 15 Februari 2012

Kalimat Langsung dan Tidak Langsung

Kalimat langsung — Presentation Transcript




1. Kalimat Langsung dan Tidak Langsung Kalimat langsung adalah kalimat yang menirukan ucapan atau ujaran orang lain. Dapat berupa kalimat perintah, berita, atau kalimat tanya.


2. Contoh kalimat langsung 1. Robi berkata, “Panas sekali cuaca hari ini”.● “Tolong ambilkan obat!”, kata Ibu kepada Rani.● “Kamu harus isitirahat yang cukup dan jangan dulu keluar rumah selama beberapa hari,”kata dokter kepadaku.● Bu Guru bertanya, “Diantara kalian, siapa yang bercita-cita ingin menjadi astronot?”


3. Kalimat tidak langsung● Kalimat tidak langsung adalah kalimat yang melaporkan ucapan atau ujaran orang lalin. Bagian kutipan dalam kalimat tak langsung semuanya berbentuk kalimat berita


4. Contoh kalimat tidak langsung● Robi mengatakan bahwa cuaca hari ini sangat panas.● Ibu mengatakan kepada Rani untuk mengambilkan obat.● Dokter berkata kepadaku bahwa aku harus istirahat yang cukup dan tidak keluar rumah selama beberapa hari.● Bu Guru menayakan kepada kami adakah diantara kami yang bercita-cita menjadi astronot.


5. Perbedaan kalimat langsung dan tak langsungNo Kalimat langsung Kalimat tak langsung1 Bertanda petik (“.....”) Tidak bertanda petik (“...”)2 Intonasi bagian yang dipetik leih tinggi Intonasi mendatar dan menurun pada dibanding dari pada bagian lainnya bagian akhir kalimat3 Kata ganti orang pada bagian kalimat Kata ganti orang pada bagian kalimat yang dikutip tidak mengalami yang dikutip mengalami perubahan perbedaan5. Kalimat yang diberi tanda petik bisa Hanya berbentuk berita berbentuk kalimat tanya, perintah, atau berita.


6. Ubahlah kalimat berikut menjadi kalimat langsung● Adik mengatakan bahwa ia menyukai bunga dan boneka● Rudi mengatakan kepada kami bahwa kami dapat mengunjungi rumahnya pada hari Minggu.


7. Ubahlah kalimat langsung berikut menjadi kalimat tidak langsung● “Ayo kita segera berangkat!”, ajak ayah pada kami.● Tina berkata, “Ibuku sangat senang sekali memasak”.

0 komentar:

Posting Komentar





Jangan Lupa Beri Komentar Ya !!!

Dan Juga Join Aku !!!

Terima Kasih bin Thank You binti Matur Suwun !!!!