Kamis, 10 Mei 2012

Perbandingan antara Mozilla Firefox dengan Google Chrome

Perbandingan antara Mozilla Firefox dengan Google Chrome


Kita sering melihat orang membuka web browser dengan Mozilla Firefox dengan Google Chrome dan web browser itu sendiri artinya adalah adalah suatu perangkat lunak yang digunakan untuk menampilkan halaman-halaman website yang berada di internet. Adapun beberapa istilah yang sering muncul pada saat kita menggunakan web browser adalah sebagai berikut :
Website
Halaman-halaman web saling terhubung dalam suatuwebsite
Homepage
Halaman awal ketika suatu situs dimunculkan, biasanya juga sebagai penghubung ke website-website yang lain
URL
Alamat unik pada suatu halaman web, yang sigunakan web server untuk mengirimkan halaman web tersebut ke komputer yang mengaksesnya
WWW
Kumpulan dari dokumen-dokumen elektronik yang kemudian disebut web, tiap dokumen tersebut dinamakan web page
Portal
Web yang menyediakan berbagai jenis layanan misal pencarian, olahraga, hiburan dsb
Fungsi Web Browser

Untuk membuat aplikasi Web, dalam hal ini kita menggunakan HTML. Di sini kita membutuhkan suatu editor yang berguna untuk mengetik, mengedit atau menyimpan dokumen-dokumen HTML Editor untuk mendesain suatu Web dibagi 2 yaitu WYSIWYG (Graphic) Editor, antara lain Notepad dan Ultra Edit, dan Editor WYSIWYG, antara lain Netscape dan Front Page.
Struktur Dasar HTML

Fungsi utama dari web browser adalah untuk menampilkan halaman-halaman web yang terdapat di internet, selain itu kita dapat menyimpan website tersebut dan dapat kita panggil lagi kemudian (Bookmark), website juga dapat disimpan (save) hingga informasi-informasi di dalamnya dapat kita ambil.
Dan Perbandingan Mozilla firefox dengan Google Chrome itu sendiri adalah :
Mozilla Firefox
Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah peramban web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Versi 3.0 dirilis pada 17 Juni 2008. Melalui Firefox, Yayasan Mozilla betujuan untuk mengembangkan sebuah peramban web yang kecil, cepat, simpel, dan sangat bisa dikembangkan (terpisah dari Mozilla Suite yang lebih besar). Firefox telah menjadi fokus utama perkembangan Mozilla bersama dengan client e-mail Mozilla Thunderbird, dan telah menggantikan Mozilla Suite sebagai rilis peramban web resmi Yayasan Mozilla.
Di antara fitur populer Firefox adalah pemblokir pop-up yang sudah terpasang di dalamnya, dan sebuah mekanisme pengembangan (extension) untuk menambah fungsionalitas tambahan. Meskipun fitur-fitur ini sudah tersedia untuk beberapa lamanya di peramban-peramban web lainnya seperti Mozilla Suite dan Opera, Firefox merupakan peramban web pertama yang mendapatkan penerimaan dalam skala sebesar ini. Dan kelebihan misalnya kita menggunakan firefox versi 3.6
Kelebihan:
  • Add-ons yang sangat banyak tersedia secara gratis.
  • Cocok untuk situs-situs multimedia seperti youtube.
  • Keamanan yang terus terjaga walaupun tak menutup kemungkinan masih ada celah yang ditemukan.
  • Update yang terintegrasi
Kekurangan:
  • Start up yang lumayan lama apalagi jika sudah banyak add-ons yang terinstall
  • Jujur saja untuk merender javascript firefox masih kalah cepat dengan Google Chrome, Safari, dan Opera
  • Kadang-kadang bisa crash tiba-tiba karena management memory yang kurang baik
Google Chrome
Google Chrome adalah browser yang menggabungkan desain minimalis dengan teknologi canggih untuk membuka web lebih cepat, aman dan lebih mudah. Memiliki satu kotak untuk semua dalam arti apabila anda  mengetik di address bar maka anda akan mendapatkan saran-saran untuk pencarian, semua halaman web, thumbnail dari situs utama Anda dan Akses halaman favorit dengan kecepatan langsungBrowser andalan milik raksasa iklan Google ini sebenarnya memulai debutnya dari engine Webkit yang  sama-sama dikembangkan oleh Apple, KDE, Nokia, RIM, Palm, dan Google sendiri. Menggunakan V8  JavaScript Engine yang memang membuat Chrome menjadi tercepat dalam mengeksekusi javascript. Jika anda tertarik untuk membaca history dari Google Chrome.
Kelebihan:
  • Fitur extensionnya yang sudah mulai banyak walaupun tak sebanyak firefox.
  • Startup yang sangat cepat dibandingkan dengan Firefox
  • Management memori yang terpisah untuk setiap tabnya. Jadi jika ada satu tab yang crash maka anda tak perlu menutup semua tab dan hanya meng-end task tab yang crash tersebut. Sangat bertolak belakang dengan firefox
  • Keamanan tinggi terbukti pada ajang Pwn2Own contest, google chrome menjadi browser yang belum berhasil dibobol.
Kekurangan:
  • Jika menggunakan versi stable nya maka anda tidak akan merasakan experience dalam menggunakan fitur extensionnya.
  • Installer online sehingga anda harus terhubung dengan internet saat ingin menginstalnya. Walaupun ada offline installer tapi biasanya sering mengalami error saat melakukan update engine.
Kesimpulan :
Kesimpulan saya dalam membandingkan Mozilla firefox dengan Google Chrome pada dasarnya mempunyai kelebihan dan kekurangan tetapi Gogle Chrome masih jauh lebih baik daripada Mozilla Firefox karena Startup yang sangat cepat dibandingkan dengan Firefox dan Manajement memori yang terpisah untuk setiap tabnya. Jadi jika ada satu tab yang crash maka anda tak perlu menutup semua tab dan hanya meng-end task tab yang crash tersebut. Sangat bertolak belakang dengan firefox.
Referensi :
-http://id.wikipedia.org/wiki/Mozilla_Firefox
-http://atikindah.tripod.com/web_browser.html
-http://zoftpc.com/tag/pengertian-google-chrome/
-http://caeyoooo90.blogspot.com/2010/03/perbedaan-mozilla-firefoxgoogle.html

0 komentar:

Posting Komentar





Jangan Lupa Beri Komentar Ya !!!

Dan Juga Join Aku !!!

Terima Kasih bin Thank You binti Matur Suwun !!!!